Demo Blog

Peranan Perkembangan Teknologi di Bidang Keungan dan Perbankan

by T-Star@Annie on Nov.22, 2009, under

PERANAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
DI BIDANG KEUNGAN DAN PERBANKAN


Sekarang telah banyak pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi lebih memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah.

Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online. Komputer digunakan sebagai Sistem Uang Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dll) untuk menyimpan data, memproses transaksi dan pembayaran tagihan secara on-line, setiap nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN (Local Area Network) ataupun WAN (Wide Area Network) dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data.

Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga harus di dukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkemampuan di bidang teknologi. Integrasi perekonomian nasional dengan perekonomian regional/global seperti AFTA, APEC, WTO/GATT memang tidak bisa dihindari, kenyataan integrasi perekonomian dunia ini memang harus kita siapkan dan hadapi, itulah mengapa peranan teknologi informasi sangat mendukung dalam globalisasi perekonomian dunia.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, seperti dalam dunia perbankan.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.


SUMBER :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/perkembangan-teknologi-bagi-kehidupan-manusia-perkembangan-teknologi-bagi-kehidupan-manusia/
http://afinaa.wordpress.com/2010/09/28/perkembangan-teknologi-informasi/
http://www.gomecomputer.com/perkembangan-teknologi-informasi-2010
http://yoefanto.blogspot.com/2010/09/perkembangan-teknologi-informasi.html

Google
1 comments more...

1 comments

  • T-Star@Annie

    Comment
    Kemudahan dalam sistem perbankan memang memberikan banyak keuntungan bagi para nasabah, karena dianggap efisien dan mengemat waktu, namun kita juga harus selalu waspada terhadap tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang dapat melalakukan perbuatan yang merugikan seperti perampokan, yang dilakukan dengan menggunakan sistem teknologi.

Pages

Powered by Blogger.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!